iklan-banner-01
iklan-banner-02

Sidak Mendadak, Wabup Malteng Temui Cuma Satu PNS di Kantor

PAMANAWANews, MASOHI - Wakil Bupati Kabupaten Maluku Tengah, Marlatu.L.Leleury dalam inspeksi mendadak (Sidak) di kantor Dinas Perhubungan dan Infokom, hanya menemukan satu orang PNS yang datang paling awal di kantor tersebut.
Wakil Bupati Kabupaten Maluku Tengah, Marlatu L.L Leleury saat melakukan sidak di Dinas Perhubungan, sedang memberikan arahan kepada salah satu PNS yang ditemukannya di kantor tersebut, Jumat, (13/10/2017)
"Tidak ada rencana inspeksi mendadak. Ini hanya ingin mengecek dan memantau secara langsung kinerja SKPD soal kedisiplinan waktu," kata Wakil Bupati Maluku Tengah, kepada Pamanawanews.com saat diskusi santai dikediamannya, Sabtu (14/10/2017).

Menurutnya, dalam inspeksi yang dilajukannya di kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Malteng pada Jumat (13/10/2017), ternyata tidak ada PNS yang berada di tempat. Semuanya belum masuk kantor dari jam yang di tetapkan. Selanjutnya, setelah di cek isi kantor ternyata hanya ada satu orang PNS yang diketahui bernama Jhon Mauberg.

" Itu hanya spontan, saya juga tidak tahu kenapa harus ada di kantor Perhubungan dan infokom. Saat hendak ke kantor saat melintas di depan kantor itu saya langsung masuk ke dalam kantornya," ujar Wabup menambahkan.

"Saya tiba di kantor itu pukul 07.43 Wit. Saya cek absen itu ternyata semua orang tidak ada orang. Yang asa hanya 1 orang PNS. Ya udah begitu pukul 07.45 Wit saya suruh apel. Sedangkan absennya saya sita," tegasnya.

Dia mengapresiasi sikap disiplin yang ditunjukkan Jhon sebagai Aparat Negeri Sipil (ASN) pelayan masyarakat.

"Saya memberikan apresiasi kepada Jhon Mauberg atas disiplinnya dalam menjalankan tugas sebagi ASN yang baik," pujinya.

Sidak ini dilakukan untuk menegakan disiplin waktu. Hal itu semata-mata untuk memajukan daerah sesuai dengan peraturan yang ada.

"Ini kita lakukan demi penegakan disiplin pegawai. Sebab, dengan disiplin waktu maka semua bisa terlaksana dengan baik. Bagaimana daerah mau maju kalau ASN tidak disiplin," sentilnya.

Disiplin PNS Malteng akan terpantau, oleh karena itu Wabup memerintahkan Satpol PP kabupaten Malteng, jika menemukan PNS yang kabur saat jam kerja, langsung didokumentasikan gambarnya.

"Kalau ada PNS yang kabur di jam kerja maka ambil tindakan, foto dan sampaikan. Kita akan tindak lanjuti," janjinya.

Tidak disiplinnya PNS pada dinas perhubungan itu menjadi perhatian dan catatan khusus Wabup atas kinerja PNS. Khususnya kepala dinas Perhubungan dan infokom Malteng, M.Nafis Amahoru.

"Selesai itu saya panggil kepala dinas untuk di sampaikan perihal pantauan saya di kantornya. Yah selanjutnya tergantung kepala dinasnya sendiri, apa mau diulangi atau tidak," tuturnya.

Dia mengingatkan, hal ini patut menjadi perhatian semua pimpinan SKPD lingkup Pemkab Malteng. Sehingga benar-benar memberikan contoh yang baik kepada bawahan.

"Sebagai PNS yang baik, jangan hanya mau hak, tapi kewajiban juga harus ditunaikan. PP 53 jelas. Dari teguran lisan sampai tulisan, semua ada di situ," warning Wakil Bupati Malteng Marlatu Leleury. (PN-20)

Berita terkait

iklan-banner-02
iklan-banner-02