iklan-banner-01
iklan-banner-02

RSUD SBT Tes Kesehatan Terhadap 448 Bacaleg

Bakal Calon Anggota Legislatif Kabupaten Seram Bagian Timur, Provinsi Maluku, sedang mengikuti tes kesehatan MMPI, di RUSD Bula Kabupaten SBT, Jumat, (13/7/2018). / Pamanawanews.com
PAMANAWANews, BULA - Sebanyak 448 bakal calon anggota legislatif atau Bacaleg di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Provinsi Maluku, mengikuti tes kesehatan meliputi tes kesehatan jasmani, tes kejiwaan, serta tes Narkotika dan Obat-obat Terlarang (narkoba).

Selama dua hari atau sejak Jumat, (13/7/2018) dan Sabtu, (14/7/2018), ratusan Bacaleg ini, dites oleh pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bula, Kabupaten SBT. 

Tes ini dilakukan sebagai persyaratan sebelum mereka mendaftarkan diri ke KPU Kabupaten SBT untuk menjadi peserta di pemilihan anggota legislatif 2019 mendatang.

Kepala Bidang Pelayanan Medic dan Keperawatan RSUD Bula Kabupaten SBT, Ismail Suwakul, yang diwawancarai pamanawanews.com, disela-sela tes kesehatan mengatakan, ke-448 orang bakal calon anggota legislatif ini masing-masing tingkat kabupaten sebanyak 400 orang dan tingkat  propinsi Maluku asal daerah pemilihan kabupaten SBT sebanyak 48  orang.

"Tes ini dilakukan dua hari, dimulai hari ini dan besok (Sabtu, 14 Juli 2018-red). Untuk The Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) atau tes kejiwaaan para peserta disuguhkan sebanyak 567 pertanyaan," sebutnya.

Menurut Ismail Suwakul, setelah pemeriksaan atau dikoreksi, baru hasilnya akan diserahkan kepada masing-masing peserta.

"Kalau ada yang invalid, kita uji ulang atau tes wawancara. Setelah itu, baru hasilnya dalam bentuk surat keterangan diserahkan kepada peserta. Seterusnya nanti peserta yang menyerahkan ke KPU bersama persyaratan administrasi lainnya," jelasnya.

Untuk lolos atau tidak, menurut Ismail Suwakul, pihak RSUD Bula dalam hal ini dokter spesialis jiwa yang akan menentukan sesuai hasil uji dan tetap berpegang  kepada profesionalisme dan sumpah sebagai seorang dokter spesialis jiwa.

"Hasil tes akan diserahkan mulai hari ini setelah semua pemeriksaan, dan paling lambat hari Senin 16 Juli 2018. Karena pada 17 Juli 2018, katanya batas bagi mereka untuk memasukan atau mendaftar di KPU Kabupaten SBT," pungkasnya. (PN-20)

Berita terkait