iklan-banner-01
iklan-banner-02

Kesehatan 66,3 Juta Warga Belum terlindungi, Ini Kata Bamsoet

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.
PAMANAWANews, JAKARTA- Pemerintah menargetkan pada 1 Januari 2019, semua penduduk terdaftar menjadi peserta jaminan kesehatan nasional. Namun target itu masih belum tercapai. Pasalnya, baru 194,7 juta jiwa yang mendaftar dan itupun 14,2 juta peserta tidak aktif karena menunggak iuran.

Berdasarkan data BPS per 23 Maret 2018 ada sekitar 66,3 juta penduduk Indonesia yang belum terdaftar sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan.

Menanggapi hal ini, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) Meminta Komisi IX DPR mendorong Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk memberikan sosialisasi terkait BPJS kesehatan itu kepada masyarakat.
 
"Dan harus proaktif mengajak masyarakat untuk mendaftarkan diri dalam program BPJS kesehatan," ujar Bamsoet di Senayan, Jakarta, Senin, (9/4/2018).
 
Kata Bamsoet, masyarakat harus menyadari pentingnya BPJS kesehatan, mengingat program Pemerintah tersebut bertujuan untuk meringankan beban masyarakat dalam menghadapi musibah yang disebabkan oleh penyakit ataupun kondisi alam.
 
Bamsoet menuturkan, Komisi IX DPR mendorong BPJS Kesehatan untuk meningkatkan profesionalisme terhadap seluruh SDM yang terlibat dalam pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat.
 
"Jika ada oknum yang melakukan penyimpangan yang berdampak kepada ke