iklan-banner-01
iklan-banner-02

Paslon HEBAT Janji Perjuangkan Nasib Sarjana Asal Maluku

PAMANAWANews, AMBON- Pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Herman Adrian Koedoeboen, SH, MSi dan Abdullah Vanath, Sos, MMP atau (HEBAT), berjanji akan mengeluarkan program strategi untuk memperjuangkan nasib sarjana asal Maluku yang makin hari tidak memiliki peluang memperoleh lapangan pekerjaan akibat terbatasnya lapangan kerja di daerah dan ketatnya regulasi yang dikeluarkan negara.
Suasana Kampanye Paslon HEBAT di Desa Tulehu, Senin malam (23/04/2017) yang dipadati ratusan pendukung dan simpatisan.

“Saya dan pak Herman sudah sepakat, jika terpilih nanti kami akan mengeluarkan program yang bertujuan untuk menjawab tantangan yang  dihadapi oleh ribuan sarjana asal Maluku yang kini menganggur dan belum memiliki pekerjaan,”tandas Abdullah Vanath saat menyampaikan orasi politiknya di hadapan ratrusan pendukung dan simpatisan di Desa Tulehu, Senin malam, 23/04/2017).

Beberapa program strategis itu, kata Vanath, antaranya akan memperketat syarat administarasi bagi calon peserta seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan menyeleksi indetitas calon peserta  ASN,  misalnya dengan melihat asal kelahiran calon peserta. Hal ini dilakukan untuk memastikan, peserta seleksi  ASN yang akan mengikuti tes benar-benar adalah berasal dari Maluku.  

“Adanya regulasi yang dikeluarkan Negara selama dua tahun ini tentunya akan berdampak pada minimnya peluang sarjana asal Maluku, karena motede seleksi dengan menggunakan sistem online itu telah membuka peluang kepada peserta di luar Maluku untuk masuk menjadi ASN di daerah ini,”ungkapnya.

Dikatakan, pemerintah daerah kedepan, wajib mencari solusi terhadap  tantangan yang dialami generasi intelektual di daerah ini,  sehingga kedepan porsi yang dijatahkan Negara kepada daerah ini benar-benar harus diisi oleh anak daerah Maluku.

Selain itu, upaya lain yang akan dilakukan adalah dengan membuka kursus gratis kepada para sarjana asal Maluku yang ingin mengabadikan diri menjadi ASN di Maluku. Kursus gratis itu dilakukan dengan melibatkan tiga perguruan tinggi di Maluku ini untuk melatih calon peserta seleksi ASN agar kwalitas mereka setara dengan lulusan dari luar daerah.

 “Kita telah mengamati dinamika yang terjadi belakangan ini, bila saat ini ada penerimaan ASN, pastinya 60 persen yang lulus adalah peserta dari luar Maluku, sehingga kita hanya kebagian 40 persen saja,”tandas cawagub dari paslon HEBAT ini.

Selain menyoroti terkait peluang anak daerah di proses rekrutmen ASN, paslon HEBAT juga akan mengeluarkan program jitu lainnya dengan akan merekrut ribuan tenaga dengan kualifikasi sarjana. Proses ini akan ditempuh untuk ditempatkan sebagai tenaga pendamping desa yang bertugas memberdayakan masyarakat di pedesaan untuk mendukung program prioritas perkebunan pala dan indutri garam dan sejumlah program pemerintah daerah yang kini dijalankan.

“Semuan tentunya membutuhkan fokus dan intervensi pemerintah. Dan jika Allah menghendaki kami yang akan terpilih memimpin Maluku lima tahun mendatang, kami sudah menyiapkan program-program jitu yang akan dijalankan, bukan malah memberikan garansi yang tidak masuk akal, ” ungkap Vanath yang disambut simpatisan dan pedukung paslon HEBAT.

Pantauan media ini, proses kampanye dialogis yang dilakukan paslon HEBAT Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu ini berlangsung cukup meriah dan dihadiri ratusan simpatisan dan pendukung pasangan HEBAT di desa tersebut. Terlihat begitu besar antusias warga dalam mengikuti jalannya proses kampanye yang menampilkan cawagub HEBAT Abdullah Vanath dan Bitto S. Temar yang tampil memukau sebagai jurkam.

Dihadapan ratusan massa warga Tulehu, Vanath juga menyampaikan niat besarnya bersama Herman Adrian Koedoeboen untuk tetap memperhatikan dan mengembangkan potensi olahraga bola kaki di Desa Tulehu, sesuai misi yang tertuang dalam poin 12 yang diusung paslon HEBAT (PN-17)

Berita terkait

iklan-banner-02
iklan-banner-02