iklan-banner-01
iklan-banner-02

Nasib Guru Honorer, DPR Tagih Janji Jokowi

Guru Honorer. Istimewa
PAMANAWANews, JAKARTA--Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih mendesak pemerintah untuk merealisasikan janjinya dalam memprioritaskan pengangkatan guru honorer menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Pengangkatan guru honorer menjadi PNS ini kan sudah janji pemerintah. Faktanya sampai sekarang janji itu belum direalisasikan," Ungkap Fikri di Jakarta, Selasa (6/3/2018).

Komisi yang membidangi pendidikan itu menilai pemenuhan sumber daya manusia (SDM) di dunia pendidikan sifatnya sangat penting sebagai ujung tombak kemajuan bangsa.
 
Karenanya, meski sejak tahun 2005 seleksi CPNS dimoratorium, setidaknya setiap tahun ada pengangkatan guru honorer menjadi guru pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).
 
Selain itu, Politisi PKS ini juga menekankan pentingnya pendataan dan skala prioritas kebutuhan guru disetiap daerahnya. Jika tidak didata dengan akurat, maka persoalan kekurangan guru masih akan terus berkelanjutan.
 
"Nah prioritas itulah yang jadi poin penting untuk pemerintah," Tandasnya.
 
Diketahui, Presiden Joko Widodo mengatakan tahun 2018 bakal ada rekrutmen CPNS baru yang akan dilakukan secara bertahap. Janji Jokowi itu disampaikan di hadapan 30 ribu lebih guru di Stadion Patriot Kota Bekasi dalam rangka HUT PGRI ke-72 dan Hari Guru Nasional (HGN) 2017 lalu.
 
"Guru yang sudah mengabdi lama, memenuhi kompetensi dan kualifikasi harus diutamakan," Kata Jokowi. (PN-01)

Berita terkait