iklan-banner-01
iklan-banner-02

Menteri Agama: Saya Dukung Penuh Alih Status IAIN ke UIN Ambon

Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, didampingi Rektor IAIN Ambon, DR. Hasbollah Toisuta usai membuka Konfrensi Musik Islam dan Peresmian Gedung Pusat Studi Kajian Musik Islam di Kampus IAIN Ambon, Senin (5/3/2018).
PAMANAWANews, AMBON- Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin sambangi Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Kota Ambon, Provinsi Maluku, Senin (5/3/2018). Disela kunjungannya, Syaifuddin menyampaikan dukungan penuhnya terhadap peralihan status Kampus IAIN Ambon menuju Universitas Islam Negeri (UIN) Ambon.

Kehadiran Saifuddin di Kampus Hijau itu dalam rangka membuka Konfrensi Musik IAIN Ambon serta meresmikan Gedung Pusat Kajian Studi Musik Islam IAIN Ambon.

"Selaku Menteri Agama, saya akan memberikan dukungan sepenuhnya (alih status IAIN ke UIN Ambon," tegasnya kepada wartawan.

Sebagaimana yang menjadi aspirasi masyarakat Maluku, kata Saifuddin, juga merupakan keinginan bersama.

"Intinya apa yang menjadi aspirasi masyarakat Maluku sebagaimana yang disampaikan tadi oleh Plt Gubernur Maluku (DR. Zeth Sahuburua) dan Pak Rektor bahwa IAIN bisa segera menjadi UIN. Tentu ini menjadi keinginan kita semua," jelasnya.

Olehnya itu, Ia meminta pihak IAIN Ambon agar dapat menyiapkan dan melengkapi berbagai aturan dan ketentuan yang berlaku.

"Saya akan memberikan dukungan sepenuhnya selama segala persyaratan, segala ketentuan yang harus dipenuhi oleh UIN, agar dapat disiapkan," pintanya.

Rektor IAIN Ambon, DR. Hasbollah Toisuta berharap, agar IAIN dapat secepatnya bertransformasi menjadi UIN Ambon. Peralihan status, dinilai dapat mengurangi Disparitas antara Timur dan Barat.

"Kami mengucapkan terima kasih yang setulus tulusnya kepada Pak Menteri yang bisa hadir dalam acara yang baik ini. Harapan kami juga program studi musik pendidikan musik di IAIN bisa segera direalisasi. Dan harapan kami beserta Pemerintah Provinsi Maluku juga agar IAIN Ambon bisa segera bertransformasi ke UIN Ambon," harapnya. (PN-09)

Berita terkait

Berita Populer