iklan-banner-01
iklan-banner-02

Dunia Pendidikan Harus Memiliki Keterkaitan Inovasi dan Teknologi

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.
PAMANAWANews, JAKARTA- Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menekankan fokus peningkatan SDM yang diikuti dengan pengembangan kompetensi para calon tenaga kerja harus mendapatkan prioritas utama. Menurut Bamsoet, konsenterasi peningkatan pada kualitas SDM harus pula diikuti dan disesuaikan dengan potensi daerah.

"Artinya, produk dari dunia pendidikan harus memiliki keterkaitan dengan dunia kerja serta keterkaitan dengan inovasi dan teknologi," ujar Bamsoet saat memberikan orasi ilmiah pada wisuda mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) di Jakarta, Senin (22/10/2018).

Politikus Golkar itu menuturkan, dalam konteks tersebut, revisi terhadap UU No 18 tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi harus jadi panduan dalam memperbaiki kualitas SDM di Indonesia.
 
Kata Bamsoet, revisi tersebut, jadi panduan meletakan hasil penelitian agar memiliki daya manfaat bagi perencanaan pembangunan secara luas, khususnya penguatan kualitas SDM dan tenaga kerja Indonesia.
 
Untuk itu, Bamsoet mengingatkan, penciptaan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berfungsi menopang pembangunan sangat dibutuhkan bangsa Indonesia. 
Sebab, perubahan struktural yang sangat cepat tanpa didukung SDM yang mumpuni hanya akan menghasilkan ketimpangan dan pengangguran yang makin luas.
 
"Daya ungkit pembangunan akan ditopang dari kualitas penduduk yang berpendidikan tinggi, memiliki wawasan luas, berketerampilan, memiliki kemahiran teknis, serta memiliki penguasaan terhadap teknologi handal," pungkas Bambang Soesatyo. (PN-02/ads)

Berita terkait