iklan-banner-01
iklan-banner-02

Bidang Madrasah Rancang Aplikasi SIDAMBA

PAMANAWANews,AMBON-Bidang Pendidikan Madrasah, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Maluku, saat ini tenga merancang sebuah aplikasi Sistem Informasi Data Madrasah Berbasis Android (SIDAMBA). Rancangan aplikasi dimaksudkan untuk mempermuda sistem pelaporan data-data madrasah pada seluruh madrasah di Provinsi Maluku, secara efektif dan efisien.
Kabid Pendidikan Madrasah, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku, M. Hanafi Rumatiga.

Ide untuk merancang aplikasi yang dapat digunakan untuk melaporkan data madrasah pada smartphone dilatarbelakangi sistem pelaporan data madrasah yang saat ini masih bersifat manual. Selain itu, kondisi geografis Maluku yang sangat tidak mendukung baik dari sisi keterlambatan waktu maupun mahalnya biaya pengiriman yang dipengaruhi mahalnya biaya transportasi baik darat, laut maupun udara.

Dengan menggunakan aplikasi SIDAMBA, para pengelola madrasah di Maluku dapat mengirim data-data madrasah kapan dan dimanapun."Ini merupakan sebuah terobosan untuk menjawab berbagai kendala yang kita hadapi selama ini. SIDAMBA adalah solusinya,"ujar Kepala Bidang Madrasah Kanwil Kemenag Maluku, M. Hanafi Rumatiga, kepada PamanawaNews.com, Selasa (10/4/18).

Diakui, ada sejumlah aplikasi yang  memang sudah digunakan untuk pelaporan data-data madrasah. Misalnya EMIS, SIMPATIKA dan beberapa aplikasi lainnya. Namun, sistem pelaporan pada beberapa aplikasi tersebut bersifat periodik. Artinya, pada waktu-waktu tertentu baru dapat dibuka. Sehingga jika ada data yang ingin diperoleh dengan cepat membutuhkan waktu yang lama.

Dijelaskan, nantinya dalam aplikasi SIDAMBA, tersedia fitur-fitur data madrasah. Diantaranya, profil madrasah, data siswa, data guru, data bangunan dan lainnya."Para pengelola madrasah tinggal masuk ke dalam aplikasi ini kemudian mengisi data-data pada fitur yang tersedia. Ketika data itu sudah terisi maka, kami dari Bidang Madrasah tinggal membuka server dan langsung mengakses seluruh data itu,"Jelas Rumatiga.

Aplikasi SIDAMBA kata Rumatiga, akan diuji coba pada akhir April mendatang dan jika sudah bisa digunakan maka segera dilauching penggunaannya secara resmi pada awal Bulan Mei 2018."Saat ini masih dalam rancangan. Kalau sudah selesai segera kita gunakan. Tetapi sebelum itu, sosialisasi juga kita lakukan kepada seluruh madrasah di Maluku,"ungkap Rumatiga sembari menambahkan, point penting penggunaan aplikasi SIDAMBA, selain mempermuda pelaporan data madrasah, meningkatkan koordinasi dengan instansi lain juga mendukung para penentu kebijakan dalam mengambil sebuah keputusan terkait dengan pengembangan madrasah. Sebab, setiap keputusan yang diambil itu berbasis data.(PN-12)

Berita terkait

iklan-banner-02
iklan-banner-02