iklan-banner-01
iklan-banner-02

Tokoh Agama Apresiasi Pleno PPK yang Berlangsung Jurdil di Tanimbar

Pgs MUI Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Abdul Karim
PAMANAWANews, AMBON- Tokoh agama di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, memberikan apresiasi terhadap pleno penghitungan suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kabupaten setempat yang berlangsung Jujur dan Adil (Jurdil).

Apresiasi positif datang dari Pgs Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Abdul Karim dan Pdt. L. Rangkoratat/Bakarbessy, ketua Klasis Gereja Protestan Maluku (GPM) Tanimbar Selatan.

 

Abdul Karim menilai, Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 yang saat ini memasuki proses rekapitulasi suara telah berlangsung aman, damai dan lancar. Ini tidak terlepas dari kematangan dan dukungan masyarakat setempat.

 

Selain itu, menurut Karim, keamanan dan kelancaran berlangsungnya pesta demokrasi, juga berkat sinergitas dan kerja keras Polri yang di backup TNI, stakeholder dan seluruh elemen masyarakat.

Olehnya itu, dia berpesan kepada Masyarakat Tanimbar agar tetap bersabar menanti hasil rekapitulasi penghitungan suara yang sementara berlangsung di KPU.

"Banyak pemberitaan hoax di media sosial terkait hasil rekapitulasi perolehan suara. Olehnya itu masyarakat diharapkan dapat menunggu keputusan resmi dari KPU nanti,” pintanya, Selasa (7/5/2019).

 

Menurutnya, perbedaan dalam setiap perhelatan pesta rakyat lima tahunan merupakan hal yang lumrah. Perbedaan pilihan tidak lantas membuat hubungan pertemanan, kekeluargaan dan persaudaraan terpecah belah.

 

“Saya mengajak masyarakat untuk kembali merajut tali persaudaraan yang sempat hilang pada Pemilu 2019. Kita satukan tekad untuk kemajuan Indonesia yang aman dan damai terlebih khusus di Kabupaten Kepulauan Tanimbar," harapnya.

Senada, juga disampaikan Pdt. L. Rangkoratat/Bakarbessy. Ia mengaku, dukungan seluruh komponen masyarakat serta instansi terkait lainnya menyebabkan Pemilu tahun ini berjalan aman dan damai.

"Pemilu pilpres dan pileg telah berlangsung aman, lancar dan sukses. Selain itu proses rekapitulasi di PPK se Kecamatan di Kabupaten Tanimbar juga telah selesai dan berlangsung terbuka, jujur dan adil. Ini semua karena kerjasama Polri, TNI dan masyarakat,” tuturnya.

Rangkoratat menghimbau seluruh umat beragama untuk tetap tenang dan mendoakan rekapitulasi akhir di tingkat selanjutnya dapat berlangsung aman dan lancar.

"Kami juga berharap agar masyarakat dan umat tidak mudah terprovokasi dengan berita-berita  hoax,” pungkasnya. (PN9)

Berita terkait