iklan-banner-01
iklan-banner-02

Ini Empat Senator Maluku Terpilih

Istimewa
PAMANAWANews, AMBON- Empat jatah kursi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) RI pilihan masyarakat Maluku periode 2019-2024 sudah dikantongi.

Ini diketahui dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 yang dibacakan Ketua KPU Maluku, Syamsul Rifan Kubangun di Kantor KPU Maluku, Kota Ambon, Senin (20/5/2019).

Menariknya, dari empat kursi senator asal Maluku itu, tiga diantaranya ditempati perempuan dan satu lelaki.

Tiga srikandi asal Maluku ini yaitu Anna Latuconsina, Novita Anakotta dan Mirati Dewaningsih, pendatang baru. Sementara satu pria adalah caleg petahana Nono Sampono.

Perolehan suara terbanyak adalah Anna Latuconsina. Caleg incumbent ini meraih 119.091 suara. Wanita kelahiran Kota Ambon itu terpilih untuk ketiga kalinya. Suaranya merata di 11 Kabupaten/Kota di Maluku.

Diurutan kedua ada caleg incumbent lainnya yaitu Novita Anakotta. Senator yang juga akan mengabdi selama dua periode itu memperoleh 85.862 suara.

Sementara pada posisi ketiga datang wajah baru Mirati Dewaningsih. Ia pernah duduk sebagai anggota DPD tahun 2004 silam. Istri Abdullah Tuasikal, mantan Bupati Maluku Tengah yang akan dilantik juga sebagai anggota DPR RI ini, melenggang ke senayan dengan meraih 62.135 suara.

Sedangkan di posisi terakhir adalah Nono Sampono. Wakil Ketua DPD RI itu kembali terpilih dengan mengantongi sebanyak 60.934 suara. (PN7)

Berita terkait

Berita Populer

</