iklan-banner-01
iklan-banner-02

Festival Sahur Remas Baiturrahman Siri Sori Islam

Raja Negeri Siri Sori Islam saat membuka kegiatan festival qasidah lagu-lagu sahur Remaja Masjid Baiturrahman.
PAMANAWANews, SAPARUA- Merajut tali silaturahmi, Remaja Masjid (Remas) Baiturrahman, Negeri Siri Sori Islam, Kecamatan Saparua Timur, Kabupaten Maluku Tengah, menggelar festival qasidah lagu-lagu sahur.

Ajang perlombaan bernuansa Islami itu merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara terpadu dalam menyambut Bulan Ramadan dengan penuh suka cita.

Kegiatan yang berlangsung di pelataran Masjid Baiturrahman ini dibuka secara resmi oleh Raja Negeri Siri Sori Islam, H. Dedi Pattisahusiwa, Kamis (12/6).

Dalam sambutannya, Pattisahusiwa memberi apresiasi atas ide dan gagasan Remas Baiturrahman yang melaksanakan festival sahur di penghujung Ramadhan tahun ini. 

Kegiatan bertema Islami seperti itu, diharapkan agar kedepan lebih disemarakan dengan berbagi jenis lomba. 

"Selaku Pemerintah Negeri kami tentu mendukung penuh pelaksanaan even seperti ini," ujar Pattisahusiwa.

Dijelaskan, kegiatan ini memiliki dampak positif. Diantaranya mengajak kelompok anak usia remaja di Negeri Siri Sori Islam dalam memakmurkan Masjid. 

Anak-anak sekolah mulai dari Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Ibtidaiyah, dan Madrasah Aliyah, diminta untuk berlomba-lomba dalam melaksanakan shalat secara berjamaah di Masjid. 

"Salah satu nilai yang bisa dipetik dari kegiatan ini adalah mengajak seluruh anak-anak di Negeri ini untuk memenuhi dan memakmurkan Masjid Baiturrahman," pinta Pattisahusiwa.

Menurutnya, derajat dan kualitas peribadatan masyarakat di Negeri ini akan terangkat jika remaja dapat memakmurkan Masjid.

Saat ini, tambah Pattisahusiwa, anak-anak muda telah diberikan peran untuk ikut bersama menjadi imam Masjid. 

Sebagai Raja Negeri, Pattisahusiwa berharap akan lahir imam-imam berusia muda yang memiliki kualitas bacaan Alquran yang baik dan menguasai ilmu agama, sehingga mereka mampu tampil sebagai pemimpin jamaah, baik itu di Masjid Baiturrahman, maupun pada masjid-masjid lainnya.

"Sebagai orang tua kami tentu merasa bangga jika ada anak-anak muda di negeri ini yang menjadi imam di masjid besar baik itu di Ambon maupun di Masohi," harapnya.   

Ketua Panitian Festival Qasida Lagu Sahur Remaja Masjid Baiturrahman, Ibrahim Saimima, mengatakan tujuan kegiatan festival qasidah adalah untuk mengajak anak-anak di Negeri ini berpartisipasi dalam memeriahkan Bulan Suci Ramadan. Tercatat, 12 grup terdaftar untuk mengikuti even yang dijadwalkan berlangsung selama dua hari ini. 

Secara teknis penampilan peserta lomba diundi sesuai dengan nomor urut, dengan menggunakan metode penilaian terbuka dari tiga dewan juri yang masing-masing memberi penilaian secara terpisah dan objektif. 

Kedepan, kata Saimima, jenis mata lomba dalam festival ini akan diperbanyak. 

"Selaku ketua penitia, saya memberikan apresiasi kepada seluruh pihak terutama Pemerintah Negeri Siri Sori Islam yang telah mendukung kegiatan ini," tandasnya. (PN-22)

Berita terkait