iklan-banner-02
iklan-banner-02

Esok Malam Gerhana Bulan Total

PAMANAWANews, AMBON- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ambon, memprediksikan akan terjadi Gerhana Bulan Total, Rabu (31/1/2018) pukul 22.29 WIT.
Sumber Foto: WEB

Fenomena alam Gerhana Bulan kali ini disebut sebagai Super Blue Blood Moon yang sebelumnya telah terjadi pada 152 tahun silam. Rata rata, Super Blue Blood Moon hanya akan terjadi setiap 265 tahun.

Kepala Seksi Data dan Informasi Geofisika Ambon A. Azhar Rusdin mengatakan, untuk Kota Ambon, Provinsi Maluku, Gerhana Bulan akan dimulai sejak pukul 19.48 WIT.

"Kalau puncaknya atau Gerhana Bulan Total diprediksikan terjadi pukul 22.29 WIT. Dan akan berakhir pukul 01.09 WIT," terangnya.

BMKG Ambon sendiri, lanjut Azhar, akan melakukan pantauan di Kawasan Patung Pahlawan Nasional Christina Marta Tiahahu, Karang Panjang Ambon.

"Kegiatan di mulai sejak pukul 19.30 WIT hingga pukul 01.00 WIT. Kita siapkan sebuah teropong dan perangkatnya. Nanti akan terkoneksikan ke pusat. Dan dapat dinikmati di video streaming di web BMKG," jelasnya.

Fenomena alam ini terjadi, tambah Azhar, lantaran posisi Bulan, Bumi dan Matahari berada sejajar. Kejadian itu sehingga memicu gaya grafitasi yang membuat air laut menjadi pasang dan surut.

Khusus untuk wilayah Maluku, lanjut Azhar, akan terjadi air pasang yang di prediksikan mencapai 1,5 meter.

"Untuk masyarakat pesisir, fenomena gerhana bulan ini memicu gaya grafitasi. Jadi nanti akan terjadi (air laut) pasang maksimum dan surut minimum," ujarnya.

Masyarakat, kata Azhar, dapat melihat jelas fenomena alam itu. Sebab, cuaca esok disaat terjadi Gerhana Bulan cerah berawan.

"Cuaca esok cerah berawan. Tingkat ketutupan awan sebesar 30 persen. Jadi nanti terlihat jelas," pungkasnya. (PN-09)

Berita terkait

iklan-banner-02
iklan-banner-02