iklan-banner-01
iklan-banner-02

Semangat Pahlawan Perkokoh Persatuan Membangun Negeri

PAMANAWANews, AMBON- Peringatan Hari Pahlawan Nasional, 10 November, berlangsung di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kapahaha dan Markas Polda Maluku, Kota Ambon, Provinsi Maluku, Jumat (10/11/2017).
Pangdam Pattimura (Kanan Depan), Kapolda Maluku (Kiri Depan) dan Sekda Maluku (Tengah Depan) hendak melakukan tabur bunga saat peringatan hari Pahlawan Nasional di TMP Kapahaha, Jumat (10/11/2017).
Mengusung tema “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri” ini upacara mengenang jasa Pahlawan berlangsung penuh hikmat.
Di TMP Kapahaha, inspektur upacara adalah Panglima Kodam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo.

Hadir dalam upacara itu Kapolda Maluku Irjen Pol Deden Juhara, Gubernur Maluku yang diwakili Sekda Maluku Hamin bin Taher dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Maluku.

Pantauan Pamanawanews.com, upacara dimulai dari laporan Komandan upacara kepada inspektur upacara, sekira pukul 08.00 WIT.

Hingga berakhirnya upacara, acara dilanjutkan dengan penaburan bunga di setiap makam Pahlawan yang berada di kawasan TMP.

Terpisah, upacara mengenang perjuangan Pahlawan ini juga berlangsung di Markas Polda Maluku. Karo SDM Polda Maluku Kombes Pol. Harvin Raslin bertindak sebagai inspektur upacara.

“Setiap tanggal 10 November, kita seluruh bangsa Indonesia memperingati hari pahlawan, mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis kemerdekaan, sehingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka,” kata Harvin membacakan amanah Kapolda Maluku yang secara bersamaan mengikuti upacara di TMP.

Bangsa yang sadar akan sejarahnya, lanjut Harvin, harus dapat menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas untuk terwujudnya Indonesia merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

“Para pendiri bangsa mengabarkan pesan penting kepada kita. Pesan itu adalah bahwa setelah kemerdekaan diraih, maka tahapan selanjutnya, kita harus bersatu terlebih dahulu untuk bisa memasuki tahapan bernegara yakni berdaulat, adil dan makmur,” ungkapnya.

Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November, didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah Dekilonisasi Dunia, di surabaya.

Peristiwa yang memperlihatkan kepada Dunia Internasional, bahwa segenap rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan bersama sama melebur menjadi satu untuk berikrar jiwa raganya dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Bung Karno pernah menegaskan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para Pahlawan,” kutip Harvin.

Saat ini harapan akan masa depan yang lebih baik, telah ditambahkan pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, melalui sebuah Visi transformatif yang mengarahkan serta menggerakan seluruh elemen masyarakat Republik Indonesia.

“Yakni terwujudnya Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian berlandaskan gotong royong. Dalam kerangka mewujudkan visi tersebut telah dirumuskan sembilan agenda prioritas pemerintah ke depan yang disebut Nawa Cita,” jelasnya.

Dikatakan, keteladanan untuk membangun kebersamaan dan persatuan yang melampaui partikularitas ini pula yang menggerakan pemuda kristen asal Ambon bernama Johannes Laimena untuk mengkonsolidasikan para pemuda kristen lainya, meninggalkan partikularitas menjadi satu bagian dari bangsa Indonesia.

Semangat rela berkorban ini pula yang menggerakan KH. Wahab Hasbullah pada tahun 1934 dengan melahirkan Syair menggetarkan Ya Ahlal Wathan (wahai patriod bangsa).

“Sebuah nasionalisme yang oleh Bung Karno diikrarkan bahwa "My Nationalism is Humanity" yang di tegaskan dalam pidato 1 Juni lahirnya Pancasila bahwa Nasionalisme hanya bisa hidup subur didalam taman sarinya internasionalisme,” terangnya.

Menutup amanah Kapolda, Harvin mengajak seluruh lapisan masyarakat khususnya Maluku untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi Pahlawan bagi diri sendiri, Pahlawan bagi lingkungan, Pahlawan bagi masyarakat maupun Pahlawan bagi negeri ini. (PN-07)

Berita terkait

iklan-banner-02
iklan-banner-02