iklan-banner-01
iklan-banner-02

Peringati HKN Ke-53, Bupati Halsel Jadi Irup

Bupati Halmahera Selatan, Bahrain Kasuba saat memimpin Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 53 di lapangan kantor Bupati Halsel, Provinsi Maluku Utara, Senin, (20/11/2017). /PN-27
PAMANAWANews, HALSEL ---- Bahrain Kasuba, Bupati Halmahera Selatan (HALSEL), Provinsi Maluku Utara, menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53, di lapangan kantor Bupati Halsel, Senin, (20/11/2017).
Perinagtan HKN ke-53 tahun kali ini, mengusng tema sentral “Sehat Keluargaku, sehat Indonesiaku" yang merupakan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga yang menekankan keluarga sebagai bagian penting dalam mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.
Bupati Bahrain Kasuba membacakan sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI), menegaskan, keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang menjadi inti pembangunan kesehatan sesuai UU No 36 tahun 2009.

Program Indonesia sehat menekankan pentingnya peran keluarga dalam membangun kesehatan lingkungan, memberikan dasar bagi seseorang untuk memiliki kebiasaan perilaku dan gaya hidup yang sehat. "olehnya itu, kita perlu terus berupaya untuk mebudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat mulai dari lingkungan keluarga," jelasnya.

Selain peran keluarga, lanjut Menteri, pembangunan kesehatan juga perlu melibatkan lintas sektor melalui gerakan masyarakat hidup sehat.

"Melalui pendekatan keluarga dan Germas, kita berupaya membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat," paparnya.

Menkes RI juga mengajak seluruh insan kesehatan, khusunya jajaran kesehatan untuk menjadikan peringatan HKN ke 53 sebagai momemtum untuk merefleksikan kembali sejauhmana keberhasilan pembangunan kesehatan yang telah dilaksanakan.

Kesempatan tersebut, dihadapan para peserta upacara, diberikan penghargaan kepada 9 orang tenaga kesehatan teladan, dianataranya Dokter Gigi, Dokter Umum, Bidan, Perawat, Gizi, Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Masyarakat, Analis dan Farmasi.

Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada kaders Posyandu teladan desa dimana masyarakatnya seratus persen tidak buang air besar di sembarangan tempat, antara lain desa Suma kecamatan Pulau Makian, Desa Papaloang kecamatan Bacan Selatan, dan Desa Tomara Kecamatan Bacan Timur Tengah Kabupaten Halsel, Provinsi Maluku Utara.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Selatan, dr. Juri Hendrajadi saat diwawancarai wartawan, berharap melalui HKN ke-52 kali ini, Pemerintah Daerah bisa saling bersinergi, terkait dengan upaya meningkatkan kesehatan masyarakat yang nantinya dimulai dari komitmen penganggaran 10 persen dari APBD sesuai amanat UU kesehatan. (PN-27)

Berita terkait