iklan-banner-01
iklan-banner-02

Dukung Pembangunan Indonesia Timur, Alumni ITB Gelar Seminar Internasional di Ambon

Seminar Internasional.
PAMANAWANews, AMBON- Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB), Komisariat Forum Pengda Indonesia Wilayah Timur akan menggelar seminar internasioal membahas isu 'Pengelolaan Sumber Daya Manusia dan Sistem Moda Transportasi Terpadu di Wilayah Indonesia Timur'. Kegiatan tersebut akan dilangsungkan di Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Jumat, (19/10/2018).

Sebagai Keynote Speaker dalam seminar tersebut yakni Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. Marthinus J. Saptenno, SH., M.Hum, Gubernur Maluku Said Assagaf dan Ketua Umum IA ITB Pusat.

Sekretaris panitia seminar IA ITB, Ahmad Bismillahi Normansyah menyampaikan bahwa forum diskusi itu akan dilakukan dalam beberapa sesi. "Untuk sesi pertama dengan sub tema 'Strategi Pengembangan Industri Pariwisata Terpadu, Pilihan Tema Destinasi dan Properti Khas, yang didukung Pelayanan Pelabuhan Prima, serta sistem pemasaran yang handal," ujar Ahmad, Kamis, (18/10/2018).
 
Ahmad menuturkan, sesi pertama akan dimulai pukul 08.00 WIT di Kampus Unpatti dengan pembicara yakni Deputi Kelembagaan dan Pengembangan Industri Kementerian Pariwisata, Rizki Handayani Mustafa, Dirut Pelindo III Persero, Doso Agung, ketua Kehormatan REI, Jawa Timur, Gatut Prasetiyo, Head of Cloud Operation Indonesian Cloud, David Arianto, Tim Pokja Percepatan Pembangunan 10 Bali Baru, Kementerian Pariwisata, Ari Surhendro, dan Penasehat Staf Ahli Kepala Badan Ekonomi Kreatif dan Mesdin Kornelis Simarmata.
 
Selanjutnya, kata Ahmad, untuk sesi kedua dimulai pada pukul 13.30 WIT. Yang akan dilaksanakan di dua tempat berbeda yaitu di Auditorium Kampus Unpatti dengan sub tema “Pemberdayaan Wirausaha Baru Berbasis Industri Kreatif, yang ditunjang oleh Sistem Moda Transportasi dan Ruang Pasar Khas sebagai Warisan Budaya”.
 
"Sesi ini menghadirkan pembicara Prof. Marcus Tukan Guru Besar Unpatti, Sabar Situmorang CEO Rockets Indonesia, Jasmono Ketua DPD LPM Maluku, Agus S. Ekomadyo, Peneliti Pasar Rakyat ITB," tuturnya.
 
Sementara di Swiss-Belhotel Ambon akan digelar dengan sub tema “Mendorong Penggunaan Gas Alam di sektor Industri dan Pembangkitan Listrik guna Mempercepat Pembangunan Infrastruktur Gas di Indonesia wilayah Timur” dengan pemateri Chairani Rachmatullah Head of Oil & Gas Division, PT PLN Persero, Ichsan Maulana PT Badak NGL Co, Muhammad Luthfi Kepala Seksi Migas non Konvensional Ditjen Migas, Kementerian ESDM.
 
Menurur Ahmad, seminar Internasional ini juga menghadirkan sejumlah tokoh penting negeri ini mulai dari pejabat pemerintahan pusat dan daerah, Direksi BUMN, Akademisi Perguruan Tinggi, hingga jajaran kementrian. "Mereka hadir, baik sebagai sebagai peserta maupun undangan," tandas Ahmad.
 
Untuk itu, Ahmad berharap acara seminar tersebut dapat menghasilkan suatu rumusan kebijakan bagi para stakeholder yang terkait baik di pusat maupun daerah.
 
“Kita berharap kedepan pembangunan di Indonesia wilayah Timur menjadi lebih baik, cepat dan tepat sasaran. Selain hal tersebut kami akan menindaklanjuti dengan mengadakan workshop-workshop untuk mencetak entrepreneur-entrepreneur tangguh sebagai agen perubahan di Indonesia wilayah Timur," pungkas Ahmad Bismillahi Normansyah. (PN-03/adt)

Berita terkait