iklan-banner-01
iklan-banner-02

Bupati SBB “Semprot” Jacobus Putileihalat

PAMANAWANews, PIRU – Bupati Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Yasin Payapo “menyemprot” mantan Bupati SBB Jacobus Putileihalat. Putileihalat dinilai melecehkan rencana besar pemerintahan Yasin Payapo dalam menggelar kegiatan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) di kabupaten tersebut.
Bupati SBB Yasin Payapo saat mengunjungi pembangunan Depot BBM milik Putileihalat.
Yasin berang, karena Putileihalat membangun sebuah depot BBM di atas tanah miliknya yang berdekatan dengan arena kegiatan Pesparawi tersebut. Kegiatan pembangunan itu, dinilai mengganggu kesiapan event Pesparawi.
Insiden ini terjadi ketika Bupati SBB Yasin Payapo mendatangi lokasi pembangunan depot milik Putileihalat tersebut yang berdekatan dengan arena Pesparawi, di Kota Piru, Sabtu (4/11/2017).

Pantauan Pamanawanews.com di lokasi kejadian, Yasin geram setelah melihat adanya pekerjaan proyek di lokasi tersebut tanpa adanya koordinasi dengan Pemkab SBB. Padahal, pemberitahuan untuk tidak melakukan pembangunan di atas lahan pribadi itu telah disampaikan melalui pemerintah Negeri Piru. “Saya tahu, saya tahu, ini kewenangan saya. Ini ijin siapa? Mana ijin,” teriak Yasin manantang Putileihalat.

Diserang dengan sejumlah pertanyaan, mantan Bupati SBB, itu hanya bisa melawan dengan suara yang datar. Sedangkan, Payapo seakan tidak menggubrisnya, lantas berlalu sambil menatap tajam ke arah Putileihalat. Amarah Yasin bukan tanpa alasan. Sebab, pembangunan depot BBM yang telah dipagari zenk itu, berada tepat di depan lokasi berlangsungnya kegiatan Pesparawi ke X tingkat Provinsi Maluku. Pesparawi rencananya akan dihelat beberapa hari kedepan. Tak terima disemprot Bupati, Bob tampak bela diri.

Sebab, pembangunan dilakukan diatas tanah miliknya. Tapi Yasin tak mau tau, karena pembangunan itu tanpa sepengetahuannya. “Tanah ini kan bukan milik Pemda,” kata Bob, sembari ditanggapi Yasin yang meminta Bob untuk menunjukan surat ijin pembangunan itu.“Pemda punya (tanah) atau tidak, tapi Pesparawi ini agenda Nasional. Sudah kali orang saya datang kesini (meminta agar menghentikan pembangunan). Jangan begitu pak Bob,” tegas Yasin. Saking emosinya, Yasin tampak mengusir seorang pekerja.

Diduga, orang yang di usir adalah kontraktor proyek itu. “Bapak keluar dari SBB. (Pekerjaan). Silahkan keluar. Kalian mau apa. Saya juga anak asli,” tegas Yasin sembari meminta untuk tidak melanjutkan proyek itu. Saat Bupati meninggalkan lokasi proyek, Bob tampak mengikuti dari belakang sambil adu mulut. Sesekali Bob tampat tersenyum. Amarah Bupati yang melarang secara langsung pembangunan itu tampak dijaga ketat Satpol Pp. (PN 08)

Berita terkait

iklan-banner-02
iklan-banner-02