iklan-banner-01
iklan-banner-02

Babinsa Moain Selamatkan 8 ABK Kapal Harapan Baru

Babinsa Desa Moain Serda Batmomolin bersama 8 ABK Kapal Harapan Baru yang berhasil diselamatkan.
PAMANAWANews, AMBON- Serda Batmomolin, Babinsa Desa Moain Kecamatan Moa Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) Provinsi Maluku, berhasil menyelamatkan 8 ABK Kapal Harapan Baru setelah terombang ambing dan nyaris tenggelam di laut lepas atau tepatnya di Selat Moa–Lakor, Selasa (16/1/2018).

Penyelamatan yang dilakukan Serda Batmomolin, anggota Koramil 1507-04/Serwaru, Kodim 1507/Saumlaki ini dibantu 2 orang warga setempat menggunakan KMC Komando yang dinahkodai Pratu Ibrahim, Praka Giyanto dan Pratu Yulius.

Aksi penyelamatan anggota TNI Angkatan Darat itu dilakukan setelah mendapat informasi dari nelayan Desa Moain bahwa Kapal berbodi kayu yang hendak menuju Makasar, Sulawesi Selatan, membawa rumput laut itu terlihat terombang ambing.

Mendapat informasi itu, Serda Batmomolin langsung berkoordinasi dengan aparat Desa Moain. Ia kemudian membawa dua orang warga untuk melakukan pertolongan menggunakan KMC Komando milik Kodim Saumlaki.

Evakuasi kapal dilakukan siang hari. Alhasil, 8 Anak Buah Kapal (ABK) Harapan Baru dinyatakan selamat setelah berhasil ditarik menggunakan KMC Komando menuju pesisir pantai Tunyeru Desa Moain.

Komandan Kodim (Dandim) 1507/Saumlaki, Letkol Inf Ryan Heryawan mengatakan, kapal tersebut tak dapat melanjutkan perjalanan akibat mesinya mati. Kala itu, air laut juga mulai masuk kedalam kapal.

Dikatakan, kapal Harapan Baru mengalami gangguan mesin setelah berlayar Minggu (14/1/2018) pukul 10.00 WIT setelah melakukan pemuatan rumput laut.

Kapal ini, lanjut Heryawan bertolak dari Pulau Luang Barat hendak menuju Makassar. Kapal naas itu di nahkodai Idris beserta 7 ABK.

Ditengah perjalanan atau tepat di Selat Lakor dan Moa dengan jarak kurang lebih 41 mil, tiba-tiba alkon atau penyedot air kapal macet dan menyebabkan kondisi kapal bocor sehingga air laut masuk mengenai mesin. Akibatnya mesin kapal berwarna putih itu mati.

"Berkat kecepatan tindakan yang diambil oleh  Serda Batmomolin maka kapal tersebut dapat diselamatkan setelah terombang ambing selama dua hari di selat antara Pulau Moa dan Pulau Lakor," kata Letkol Heryawan melalui realeas Penerangan Korem 151/Binaiya yang diterima pamanawanews.com, Rabu (17/1/2018).

Sementara itu, Idris, Nakoda kapal itu mengaku bersyukur dan menyampaikan terima kasih berterimakasih kepada Babinsa Serda Batmomolin beserta masyarakat Desa Moain.

“Saya sangat berterimakasih kepada Bapak Batmomolin beserta anggotanya dan juga masyarakat Moain yang telah menolong saya dan tujuh orang ABK dengan menggunakan KMC. Komando,” ujar Idris.

Saat ini posisi terakhir KMP. Harapan Baru berada di Pantai Tunyeru, Desa Moain, Kecamatan Moa, Kabupaten MBD. Kapal tersebut sementara sedang menunggu suku cadang yang akan dikirim perusahan untuk dilakukan perbaikan. (PN-07)

Berita terkait