iklan-banner-01
iklan-banner-02

Kapal SAR Bharata Siap Beroperasi di Ambon

PAMANAWANews, AMBON- Sebanyak empat unit Kapal Negara (KN) SAR, milik Badan SAR Nasional (BASARNAS) RI resmi beroperasi di Timur Indonesia. Satu diantaranya adalah KN Bharata 242 yang akan bertugas di Ambon, Provinsi Maluku.
KN Bharata 242 standby di Kota Ambon, Provinsi Maluku.

Secara resmi beroperasinya empat unit kapal masing-masing KN. SAR Bharata 242 (Ambon), Ramawijaya 240 (Manokuari), Kumbakarna 244 (Mentawai) dan Wibisana 243 (Biak), ini setelah diserahkan Kepala Basarnas, Marsekal Madya TNI M. Syaugi yang berlangsung di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Selasa (13/3).

“Kita sekarang memilik kapal besar dan kecil kurang  lebih 170 unit. 4 diantaranya di bertugas di Indonesia Timur," kata M. Syaugi.

Empat unit KN ini, tambah Syaugi diberikan untuk digunakan sebagai penunjang operasional Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP).

"Dengan kehadiran kapal ini, diharapkan dapat menambah kualitas pencarian dan pertolongan, khususnya kecelakaan laut di 4 daerah ini," terangnya.

Ia mengaku, jumlah personel yang dimiliki Basarnas saat ini belum cukup dalam menjalankan tugas pencarian dan pertolongan, baik di laut maupun di darat.

"Personel kita seluruh Indonesia 3.400. Idealnya dengan luas laut 2/3 itu 7.000 orang. Namun demikian sesuai undang-undang  29 tahun 2014 tugas BNPP atau BASARNAS adalahah mencari, menolong, menyelamatkan dan mengevakuasi  korban jiwa sehingga dengan personel 3.400 di bagi untuk seluruh Indonesia belum mencukupi,” jelasnya.

Dikatakan, empat unit KN ini merupakan pengadaan tahun 2017 dan tahun 2018. Selain itu, kapal tersebut adalah buatan anak Indonesia sendiri. 

Selain kapal, BNPP juga telah menambah dua helicopter dan kapal suplai berukuran besar.

"Kapal ukuran besar itu agar dapat lebih lama beroperasi di laut dalam melakukan pencarian dan pertolongan," tandasnya. (PN-09)

Berita terkait

iklan-banner-02
iklan-banner-02