iklan-banner-01
iklan-banner-02

Wakapolda Maluku Pimpin Sidang Kelulusan Akhir Tingkat Panda Seleksi 2018

Wakapolda Maluku (Tengah) pimpin sidang kelulusan tingkat daerah, seleksi PAG dari Bintara ke Perwira Polri 2018. Sidang berlangsung di Rupatama Mapolda Maluku.
PAMANAWANews, AMBON- Wakapolda Maluku Brigjen Pol. DR. Akhmad Wiyagus, S.I.K, M.Si, MM., memimpin langsung Sidang Kelulusan Akhir Tingkat Panda Seleksi Pendidikan Alih Golongan (PAG) dari Bintara ke Perwira Polri 2018. Kegiatan berlangsung di Aula Rupatama Polda Maluku, Jumat (28/09/2018).

Selain Wakapolda Maluku, sejumlah pejabat utama Polda Maluku dan para Panitia seleksi serta 26 Orang peserta seleksi PAG juga hadir dalam Sidang Kelulusan Akhir tersebut.

Membaca amanat Kapolda Maluku Irjen Pol. Drs. Royke Lumowa, M.M, Wakapolda Maluku menyampaikan pihaknya telah berkomitmen dan berjanji untuk tidak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme yang sudah diucapkan pada saat penandatangan pakta integritas.

"Komitmen dan janji kita bersama kepada tuhan yang maha esa tersebut, wajib hukumnya untuk kita hormati dan patuhi guna mewujudkan prinsip seleksi yang bersih, transparan, akuntabel dan humanis," ungkapnya kepada peserta seleksi.

Seperti proses seleksi di tahun sebelumnya, lanjut Akhmad, sudah berlangsung  transparan dan sampai saat ini tidak terdapat laporan  penyimpangan dalam pelaksanaannya, mulai dari tahap pendaftaran hingga sidang kelulusan tingkat daerah.

"Hal ini perlu dipertahankan bahkan ditingkatkan terus sehingga akan terus menjadi lebih baik pada pelaksanaan seleksi berikutnya," ujarnya.

Dalam pelaksanakan sidang kelulusan tingkat daerah, seleksi PAG dari bintara ke perwira Polri tahun anggaran 2018, berdasarkan laporan pelaksanaan, jumlah animo peserta yang mendaftar sebesar 42 orang. Setelah melalui tahapan seleksi hingga tahap sidang kelulusan tingkat Panda sekarang ini berjumlah 26 orang yang berasal dari beberapa satker polda dan satwil jajaran.

"Sesuai kuota yang di terima dari panitia pusat, untuk polda maluku memperoleh sebanyak 26 orang. Untuk itu seluruh peserta yang mengikuti sidang kelulusan tingkat daerah saat ini dinyatakan lulus terpilih dan selanjutnya akan dilakukan pemeriksaanadministrasi tingkat pusat," terangnya.

Diharapkan proses yang dilakukan tidak terdapat kendala sehingga memenuhi syarat untuk mengikuti pendidikan yang nantinya akan dibagi menjadi 2 gelombang. Dimana gelombang pertama pendidikan akan dibuka tanggal 16 Oktober-14 November 2018 dan gelombang kedua pada 21 November-20 Desember 2018.

Adapun penekanan Kapolda Maluku yang perlu dipedomani dan dilaksanakan peserta seleksi, antara lain, pertama selalu tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa dengan senantiasa beribadah dan berdo’a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing agar segala apa yang dilakukan mendapatkan Ridho-Nya.

"Kedua, tetap jaga kondisi fisik dan kesehatan serta bangun terus kepercayaan pada diri masing-masing serta siapkan mental dalam mengikuti pendidikan. Ketiga, tingkatkan disiplin dan hindari berbagai pelanggaran sebelum dan saat mengikuti pendidikan nantinya," pintanya.

Selain itu, yang ke empat, Kapolda meminta untuk memanfaatkan waktu pendidikan selama satu Bulan di Setukpa Lemdiklat Polri Sukabumi dengan sebaik baiknya untuk memperoleh pengetahuan, ketrampilan bahkan prestasi yang membanggakan institusi Polri khususnya Polda Maluku. "Untuk itu laksanakan pendidikan dengan ikhlas dan penuh keseriusan," harapnya. (PN9)

Berita terkait