iklan-banner-01
iklan-banner-02

Polda Maluku Gelar Commanders Wish

Commanders Wish berlangsung di Markas Lantamal IX/Ambon, Kota Ambon, Kamis (13/12/2018).
PAMANAWAnews, AMBON- Menjelang pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih, Polda Maluku menggelar Commanders Wish, untuk terus membangun sinergitas dengan semua unsur TNI, KPU, Bawaslu, tokoh agama dan stake holder lainnya.

Mengusung tema "Melalui Commanders Wish, Polda Maluku siap bersinergi untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif menjelang pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku terpilih tahun 2019", kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Serba Guna, Markas Lantamal IX/Ambon, Kota Ambon, Kamis (13/12/2018).

Kepala Polda Maluku Inspektur Jenderal Polisi Drs. Royke Lumowa, M.M, mengungkapkan, kerja sama yang dibangun TNI, Polri dan stake holder lainnya selama ini, berhasil membuat penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah di Provinsi Maluku berlangsung aman dan damai.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada semuanya, karena telah bekerja sama dalam menciptakan Pilkada kemarin berjalan aman, damai dan lancar," imbuhnya.

Dikatakan, kerja sama dan sinergitas yang dibangun, berhasil membawa Maluku menjadi daerah yang paling aman dalam penyelenggaraan Pilkada di Indonesia, tahun 2018.

"Kemarin daerah kita dianggap sebagai yang paling rawan nomor urut 1. Tapi kita mampu membalikkan keadaan. Bahkan menjadi daerah yang paling aman," ungkap Royke.

Keberhasilan dalam penyelenggaraan Pilkada kemarin, diharapkan mampu dipertahankan terus menerus. Apalagi di Bulan Maret 2019 nanti, masih terdapat satu tahapan yang tersisa, yakni pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku terpilih.

"Olehnya itu kami berharap kerja sama ini terus dilakukan, dan dipertahankan agar situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat tetap kondusif," harapnya.

Selain pelantikan Gubernur baru, momen penting lainnya adalah Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI, serta anggota legislatif, baik Nasional maupun Kabupaten/Kota (DPR, DPD, DPRD).

"Kami harapkan sinergitas ini tetap dipertahankan dan ditingkatkan, demi tercapainya keamanan, ketertiban, kerukunan dan kedamaian dalam masyarakat," terangnya.

Sebagai pilar keamanan dan ujung tombak dalam merawat keberagaman, Jenderal Bintang Dua ini berharap, TNI dan Polri tetap solid serta terus membangun sinergitas dan kerjasama yang baik.

"Tentu kita semua berharap, bahwa Kamtibmas yang kondusif, menjadi dambaan bersama. Karena keamanan merupakan salah satu faktor pembangunan dan peningkatan ekonomi masyarakat," tandasnya.

Mewakili Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto, Kasdam Brigjen TNI Asep Setia Gunawan, mengaku pihaknya siap membantu dan membackup Polda Maluku dalam menjaga keamanan. 

“Kami pada dasarnya selalu siap membantu dan membackup bapak Kapolda. Karena pada dasarnya penanggung jawab keamanan ini adalah rekan-rekan dari unsur kepolisian. Jangan ragukan bahwa TNI dan Polri segera menjadi satu. Ada riak-riak sedikit kita segera mengambil langkah-langkah agar jangan sampai riak itu berkembang. Mudah-mudahan soliditas dan solidaritas kita selalu terjaga,” harapnya.

Sinergitas itu adalah saling mengisi kekurangan. Sehingga diharapkan kerja sama yang selama ini terjalin baik, dapat tetap dipertahankan. 

“Jadi kalau ada kekurangan maka kita saling menutupi dalam melaksanakan tugas pokoknya. Kita sering melaksanakan patroli bersama. Dan di kasih kopi. Inilah bentuk kebersamaan,” ungkap Danlantamal IX/Ambon, Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang.

Senada, Danlanud Pattimura Ambon, Kolonel Pnb Antariksa Anondo, mengaku selama ini jalinan kerja sama yang baik kerap dilakukan bersama Polda Maluku maupun rekan-rekan TNI dari berbagai matra. kami selalu melaksanakan kerjasama. 

“Kami juga selalu dibantu oleh bapak Kapolda, Pangdam, termasuk Danlantamal khususnya saat menjalankan tugas di Bandara. Kami saat ini sedang merencanakan ada sebuah pos bersama antara TNI/Polri di Bandara. Ini sudah kami rencanakan dan Insya Allah pembangunannya tahun depan,” tandasnya. (PN9)

Berita terkait