iklan-banner-01
iklan-banner-02

Operasi Cipta Kondisi di Ambon Jaring 19 Motor Warga

PAMANAWANews, AMBON- Sebanyak 19 unit sepeda motor milik warga terjaring saat operasi gabungan TNI/Polri dalam rangka cipta kondisi digelar di Kota Ambon, Provinsi Maluku, Sabtu (14/4/2018), malam.
Apel Gabungan TNI/Polri dalam rangka operasi cipta kondisi, Sabtu (14/4/2018).

Belasan motor warga diamankan Satlantas Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, karena tidak memiliki kelengkapakan kendaraan seperti SIM, STNK dan lain-lain.

Giat cipta kondisi dipimpin Kasat Sabhara Polres Ambon, AKP. Syarifudin. Dalam arahannya, Syarifudin mengatakan cipta kondisi untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat merupakan amanah yang diberikan pimpinan.

Dalam operasi ini, balapan liar yang dilakukan para pemuda di jalan raya menjadi atensi pimpinan. 

"Saya mengucapkan banyak terima kasih bagi personil yang telah melaksanakan apel pada malam hari ini. Untuk itu harapan saya mari kita sama-sama menjalankan tugas ini dengan penuh rasa tanggung jawab sehingga terciptanya situasi aman terkendali di Kota Ambon dan sekitarnya," katanya.

Sementara Kapolsek Sirimau, AKP. Welhemus Minanlarat menyampaikan, giat ini akan berlangsung rutin sebagaimana diharapkan pimpinan.

"Kita harus tau bahwa saat ini banyak pemuda yang sering melakukan Balapan Liar sudah menjadikan petugas Kepolisian sebagai ajang untuk pemenang. Yang mana bila ada pemuda yang dapat melewati/menembus pihak Kepolisian maka dia yang akan keluar sebagai pemenang," tegas Kapolsek Sirimau.

Dalam pelaksanaannya, tim akan terbagi 2 yakni Tim patroli jalur luar kota dan patroli dalam kota melewati tempat yang dianggap rawan. Ini juga untuk mengantisipasi adanya balapan liar.

"Saya harapkan dalam pelaksanaan tugas malam ini (kemarin) kita dapat menjaga citra dan wibawa kita sebagai aparat penegak Hukum," harapnya.

Patroli bersama TNI/Polri menyasar sejumlah wilayah hukum Polsek Sirimau, pukul 00.00 WIT. Setelah itu dilanjutkan proses penindakan di perempatan Mapolsek Sirimau. Sasarannya para pengendara yang tidak menggunakan Helm dan balapan liar. 

Dalam penindakan tersebut berhasil mengamankan sebanyak 19 unit kendaraan roda dua. Belasan motor itu tidak dilengkapi komponen pendukung serta kelengkapan surat kendaraan lainnya. 

Pelaksanaan operasi cipta kondisi melibatkan 30 personel Polres Ambon, 10 personel Ditsabhara Polda Maluku, 20 personel Sat Brimobda Maluku, 10 personel Polsek Sirimau, dan 8 personel Kodim 1504/Ambon.

Operasi tersebut didampingi Kabag Ops Polres Ambon Kompol. Aris Tiku, Kapolsek Sirimau, KBO Bimas Polres Ambon, IPDA. Jhon Kolelupun dan Waka Polsek Sirimau Ipda Aris. (PN-09)

Berita terkait

iklan-banner-02
iklan-banner-02