iklan-banner-01
iklan-banner-02

Kenang Jasa Pahlawan, Polda Maluku Tabur Bunga di Teluk Ambon

Kapolda pimpin upacara tabur bunga di perairan Teluk Ambon. Tabur bunga berlangsung di atas Kapal Polisi Bisma 8001. Tampak Wakil Gubernur Maluku DR. Zeth Sahuburua, Kasdam Pattimura Brigjen TNI Tri Soewandono serta Danlantamal IX Ambon, Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang.
PAMANAWANews, AMBON- Kepolisian Daerah (Polda) Maluku melakukan ziarah rombongan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kapahaha dan tabur bunga di perairan Laut Teluk Ambon, Kota Ambon, Provinsi Maluku, Kamis (5/7/2018).

Kegiatan yang dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 72 pada 1 Juli lalu, ini sebagai bentuk penghormatan dan mengenang jasa para Pahlawan Maluku.

Bertindak sebagai inspektur upacara di TMP adalah Kapolda Maluku Irjen Polisi Andap Budhi Revianto. Ziarah rombongan ini dihadiri Kasdam XVI/Pattimura, Wakil Gubernur Maluku, Danlantamal IX Ambon, dan Kajati Maluku serta perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Maluku lainnya. Turut hadir pengurus Bhayangkari Daerah Maluku.

Meski di selimuti hujan, namun upacara di tempat peristirahatan terakhir para pejuang negara ini terus berlangsung dan penuh hikmah. Para peserta maupun sejumlah pejabat yang hadir, harus rela basah kuyup, demi mengenang jasa Pahlawan.

"Walaupun kita di guyur hujan tapi kami tetap bersemangat untuk melaksanakan upacara. Karena para Pahlawan saja bisa berjuang dan mengorbankam nyawanya untuk negara. Lantas mengapa kita harus takut untuk basah hanya karena hujan," kata Kapolda Maluku dalam sambutannya.

Setelah berlangsungnya upacara, rombongan kemudian melakukan tabur bunga diatas makam para pahlawan kesuma Bangsa itu.

Selain penaburan bunga di TMP, hal yang sama juga dilakukan di Perairan Laut Teluk Ambon, dengan menggunakan Kapal Patroli Bisma 8001 milik Polairud Polda Maluku.

Prosesi mengheningkan cipta serta penaburan bunga di atas laut guna mengenang dan sebagai bentuk penghormatan kepada Kapitan Pattimura, Cristina Marta Tiahahu, Yos Sudarso, Anthoni Rebok serta Pahlawan Maluku lainnya yang gugur demi mempertahankan Negara Kesatuan Indonesia.

Kapolda Maluku mengatakan, penaburan karangan bunga di perairan laut Teluk Ambon, dilakukan untuk mengenang Pahlawan Pattimura. Dimana, Pattimura sempat di tenggelamkan di Teluk Ambon, namun tidak membuatnya meninggal. Akhirnya Pattimura di bunuh dengan cara di gantung.

Selain itu, juga mengenang Pahlawan Christina Marta Tiahahu yang jasadnya di buang ke laut, juga Yos Sudarso yang gugur bersama Kapal Perang saat hendak merebut Papua yang masih di kuasai Belanda.

"Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar- besarnya kepada Forkopimda Maluku yang hadir saat ini. Kami juga mengajak semua elemen masyarakat maupun stakeholder untuk bersama menjaga dan menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah Maluku," tandas Kapolda di atas KP Bisma. (PN-09)

Berita terkait

Berita Populer