iklan-banner-01
iklan-banner-02

Diduga Korupsi, Mantan Dirut Bank Sumsel-Babel Dilaporkan ke KPK

Koordinator Ormas Putra Sriwijaya M Rudi saat menyerahkan berkas Asfan Fikri Sanaf ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta Selatan, Jumat, (21/12/2018).
PAMANAWANews, Jakarta- Ormas Putra Sriwijaya (OPS) secara resmi menyerahkan berkas laporan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus yang membelit mantan Direktur Utama (Dirut) bank Sumsel-Babel, Asfan Fikri Sanaf.

Asfan diduga telah melakukan penyalahgunaan wewenang dalam pemberian saham dan deviden atas penyertaan modal dari pemegang saham Pemprov Babel pada PT Bank SumselBabel sejak tahun 2004 sampai dengan 2014.

"Kami merasa terpanggil untuk melaporkan perihal dugaan pelanggaran yang merugikan keuangan negara 1 Triliun itu ke KPK, untuk ditindaklanjuti," kata Koordinator Ormas Putra Sriwijaya, M Rudi di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat, (21/12/2018).
 
Sebelumnya, pihak Kejati Babel juga telah menetapkan Asfan Fikri Sanaf, sebagai tersangka terkait dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) penyertaan modal Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada (3/10/2016) lalu.
 
Namun, beber Rudi, hingga kini kasusnya tidak kunjung diproses dan tidak jelas penyelesaiannya. "Berdasarkan informasi yang kami dapat, saudara Asfan saat ini dipercaya untuk menjadi Staf Khusus Gubernur Sumatera Selatan," ungkap Rudi.
 
Selain berkas laporan yang sudah diserahkan ke komisi anti rasuah itu, pihak Ormas Putra Sriwijaya juga sudah menyerahkan berkasnya ke OJK dan Bank Indonesia (BI).
 
Untuk itu, Rudi berharap OJK dan Bank Indonesia harus turun tangan, selaku Otoritas yang menaungi Perbankan, dan seharusnya, orang yang sudah ‘blacklist’ dalam dunia perbankan tidak dibiarkan mengobok-obok Bank milik pemerintah daerah itu.
 
"Jika, sampai dua minggu belum ada tindakan konkrit yang diambil oleh KPK, OJK dan BI, maka Ormas Putra Sriwijaya akan membawa massa dalam jumlah yang besar untuk menggugat penyimpangan yang terjadi di Bank Sumsel babel," tandas M Rudi. (PN-01/adp)

Berita terkait