iklan-banner-01
iklan-banner-02

WiFi Gratis Jadi Pintu Masuk 'Hacker' Mengambil Data Pribadi

Free Wi-Fi.
PAMANAWANews, JAKARTA- Free Wi-Fi atau WiFi Gratis yang disediakan ditempat umum dapat menjadi jalan bagi Hacker (Peretas) untuk melakukan kejahatan.

"Karena terkadang WiFi gratis yang disediakan tersebut adalah WiFi yang Hacker buat sendiri untuk mendapatkan data si target," kata Pakar Keamanan Cyber, Raditya Iryandi.

Raditya pun mencontohkan, Ketika dikerumunan konser atau saat jaringan signal Error, banyak orang tentu mencari wifi gratis. Maka hal tersebut digunakan oleh para hacker.
 
"Mereka menyediakan wifi gratis, dan ketika si target menggunakan akses wifi tersebut dan kemudian masuk ke salah satu akun, maka hacker dapat mengakses juga akun itu," ujarnya.
 
Untuk itu, Ketika tersedia Free WiFi. Dia menyarankan kepada masyarakat agar tidak gunakan untuk melakukan transaksi elektronik. "Jangan sekali-kali membuka akun yang bersifat rahasia dan penting, karena hacker dapat menggunakan itu untuk mengambil data kita," imbuh Dia.
 
Selain itu, Hacker juga dapat mengakses Gadget yang digunakan saat berwifi ria. Sehingga, sebaiknya, untuk keamanan gunakan paket data sendiri.
 
"Gunakan paket data, biar tidak ada celah bagi hacker untuk melakukan pembajakan dokumen kita," demikian Raditya Iryandi. (PN-01/adp)

Berita terkait