iklan-banner-01
iklan-banner-02

Tinjau Pelabuhan Mangkrak, Dirjen Kemenhub Pantau Enrique di Ambon

Dirjen Kemenhub RI W.S. Utomo, pantau Pelabuhan Enrique di Kota Ambon, Provinsi Maluku, yang mangkrak, Kamis (25/1/2018).
PAMANAWANews, AMBON- Direktorat Jenderal (Dirjen) Kementrian Perhubungan (Kemenhub) RI, W.S. Utomo, sambangi Kota Ambon, Provinsi Maluku, Kamis (25/1/2018).

Kedatangan Utomo dalam program pemantauan terhadap sejumlah pelabuhan yang mangkrak atau belum di operasikan seluruh Indonesia. Salah satunya pelabuhan Enrique yang berada di Jalan Pantai Losari Kecamatan Sirimau Kota Ambon.

"Kami memang dalam program menyelesaikan seluruh pelabuhan pelabuhan yang dalam tanda petik di sebut mangkrak di seluruh Indonesia. Antara lain ini. Pelabuhan di enriqo ini," ungkap Utomo di sela pemantauan kepada wartawan, Kamis (25/1/2018).

Melihat kondisi Pelabuhan Rakyat yang belum lagi beroperasi itu, Utomo berharap kepada pemerintah daerah agar dapat diaktifkan secepatnya.

"Kita berharap jangan lama lama lagi di biarkan seperti ini," pintanya.

Pesan Menteri Perhubungan, tambah Utomo, jika pelabuhan Enrique diaktifkan oleh Pemerintah Daerah, maka jangan menerapkan pola komersial murni yang dapat memberatkan masyarakat.

"Pesan pak menteri satu. Tidak di operasikan dengan pola komersial murni. Tapi lebih kepada fungsi sosialnya. Karena ini betul betul untuk melayani kebutuhan masyarakat, maupun mahasiswa yang akan menyeberang ke kampusnya maupun masyarakat yang di seberang sana," harapnya.

Ia meminta agar dalam penentuan tarif perjalanan, tidak jauh berbeda dengan biaya yang sudah di terapkan oleh pelabuhan darurat, di kawasan Pantai Mardika.

"Harapannya kalau itu sudah di operasikan, maka itu (pelabuhan darurat) sudah bisa di bongkar. Sehingga bisa lebih menjamin keselamatan d