iklan-banner-01
iklan-banner-02

Kodam Pattimura Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Non Kimia

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto, saat memberikan sambutan, membuka kegiatan sosialisasi dan pelatihan program bios 44 di Aula Slamet Riyadi, Makorem 151/Binaiya, Kota Ambon, Provinsi Maluku, Rabu (10/1/2018).
PAMANAWANews, AMBON- Kodam XVI/Pattimura menggelar sosialisasi dan pelatihan program Bios 44 yang berlangsung di Aula Slamet Riyadi, Makorem 151/Binaiya, Rabu (10/1/2018).

Sosialisasi dan pelatihan program Bios 44 yang merupakan inovasi baru dalam bentuk pupuk non kimia untuk bidang pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan, ini dibuka langsung Pangdam Patimura Mayjen TNI Suko Pranoto.

Dalam sambutannya, perwira tinggi bintang dua ini menjelaskan, Bios 44 merupakan Bio Struktur atau dekomposer gambut yang merupakan agen hayati. Formula ini dapat mempercepat proses pembusukan material organik lahan gambut. 

Bios 44, lanjut Suko, juga bisa mengatasi kebakaran lahan gambut serta dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produktifitas hasil pertanian, perikanan, perkebunan, peternakan dan juga dapat menetralisasi limbah serta menyuburkan lahan bekas tambang.

“Mencermati pentingnya kegiatan ini, maka saya menyambut baik kedatangan Tim Sosialisasi yang akan memberikan Sosialisasi Program Bios 44 kepada personel Kodam Pattimura dan Masyarakat. Saya berharap, kegiatan sosialisas ini dapat berjalan dengan tertib dan lancar serta mencapai sasaran yang diinginkan,” pintanya.

Terpisah, kepada wartawan Pangdam menyampaikan bahwa sosialisasi dan pelatihan ini dilakukan untuk pengembangan formula bios 44. Kodam sendiri akan melakukan uji coba dibagian sektor pertanian untuk kesuburan tanah dan tumbuhan, ungkap Mayjen TNI Suko Pranoto. 

Selain sektor pertanian, mantan Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Darat ini menyampaikan bios 44 ini juga