iklan-banner-02
iklan-banner-02

Kini, Warga Pulau Banda Besar Dapat Nikmati Listrik 24 Jam

PAMANAWANews, AMBON-Setelah meningkatkan pelayanan dengan menambah jam nyala dari pola operasi 18 jam ke 24 jam nyala di Kantor Pelayanan (KP) Nuslaut, Kecamatan Nusalaut, Kabupaten Maluku Tengah, PLN kembali memberikan surprise kepada seluruh masyarakat di Pulau Banda Besar, Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah.
Peresmian jam nyala dari pola operasi 18 jam ke 24 jam oleh PLN di KP Lonthor, Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Jumat, (27/10/17)
Melalui pelaksanaan puncak Hari Listrik Nasional (HLN) ke 72, Jumat 27 Oktober, PLN meningkatkan kapasitas jam nyala dari 18 jam ke 24 jam. Sehingga saat ini seluruh masyarakat di Pulau Banda Besar sudah bisa menikmati listrik secara maksimal.

Sistem kelistrikan di Pulau Banda Besar, dikelola oleh Unit Pelayanan Lonthor Rayon Banda yang berada di bawah PLN Area Ambon dan memiliki Daya Mampu sebesar 1.030 kW serta Beban Puncak mencapai 520 kW sehingga terdapat cadangan daya sebesar 510 kW. Jumlah pelanggan PLN di Pulau Banda Besar sendiri yaitu sebanyak 2.030 pelanggan. Sebelumnya, pola operasi sistem kelistrikan di Pulau Banda Besar sendiri masih beroperasi selama 18 jam.

Adapun langkah-langkah yang dilakukan oleh PLN dalam mewujudkan pola operasi 24 jam di Banda Besar yaitu melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait perambasan dan penebangan pohon, disiplin dalam pembayaran rekening tepat waktu dan menghindari pencurian listrik.

Camat Kecamatan Banda beserta Muspika Kecamatan Banda turut hadir dan meresmikan pola operasi sistem kelistrikan 24 jam yang dilaksanakan di Unit Pelayanan Lonthoir pada hari Jumat, (27/10).

Dalam sambutannya, Camat Banda menyampaikan bahwa Pemerintah Kecamatan akan selalu proaktif membantu PLN, khususnya PLN Rayon Banda dalam menjalankan misi kelistrikannya.

Di samping itu Camat, menghimbau kepada masyarakat pengguna Jasa Kelistrikan khususnya di Unit Pelayanan Lonthoir agar tetap disiplin dalam membayar rekening listrik tepat waktu dan tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan PLN seperti melakukan pencurian listrik, karena perbuatan tersebut dapat dikategorikan Pelanggaran Tindak Pidana.

Selaras dengan hal tersebut, Manajer PLN Area Ambon dalam hal ini diwakili Asisten Manajer Perencanaan Robert Leimena menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan yang selama ini diberikan oleh Pemerintah Kecamatan Banda. 

"Semoga kerjasama yang selama ini terbangun dapat meningkat lebih baik lagi. Kami juga menghimbau kepada masyarakat pengguna jasa kelistrikan agar beralih ke listrik pintar/listrik prabayar karena dapat memberikan kemudahan bagi pelanggan, dimana pelanggan dapat langsung mengontrol pemakaian energi listriknya sendiri", ujar Robert.

Dengan beroperasinya sistem kelistrikan 24 jam di Pulau Banda Besar, diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan pendidikan lebih maju. Sesuai dengan harapan dari masyarakat Pulau Banda Besar yakni dapat memajukan usaha pembuatan es dan penyimpanan hasil laut mereka.

Unit Pelayanan Lonthoir sendiri pada peringatan HLN ke-72 ini mendapatkan penghargaan sebagai Unit Layanan Isolated Terbaik 2017. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Direksi PLN pada hari Jumat (27/10) di PLN Kantor Pusat.(PN-10)

Berita terkait

iklan-banner-02
iklan-banner-02