iklan-banner-02
iklan-banner-02

GEMPITA Malteng Gelar Rembuk Tani KUB

PAMANAWANews, MASOHI- Gerakan Pemuda Tani Indonesia (GEMPITA) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Provinsi Maluku, menggelar kegiatan Rembuk Tani Kelompok Usaha Bersama (KUB) yang berlangsung di Desa Hatuhenu Kecamatan Amahai, Kabupaten Malteng, Minggu (8/1/2018).
Foto bareng Ketua GEMPITA Malteng Taufik Hatala (Kedua dari kanan) dan Pengurus bersama KUB Suka Maju di Desa Hatuhenu Kecamatan Amahai Kabupaten Malteng, Provinsi Maluku, Minggu (8/1/2018)

Taufiq Hatala, Ketua KUB Kabupaten Maluku Tengah menjelaskan, kegiatan rembuk tani yang dilakukan di KUB Suka Maju ini bertujuan untuk menciptakan sinergitas kelembagaan pertanian dan pelaku usaha, untuk mencapai swasembada pangan di Kabupaten Maluku Tengah.

"Dengan adanya Rembug tani, maka petani akan mendapatkan arahan-arahan terkait KUB dari narasumber yaitu kepala BPP Kecamatan
Amahai bapak Math selano," ujarnya.

KUB, lanjut Hatala, merupakan wadah yang dibentuk oleh Kementerian Pertanian Repoblik Indonesia.

"KUB merupakan lanjutan dari arahan Presiden Joko Widodo untuk membentuk pendampingan bagi petani agar tidak berjalan sendiri sendiri dengan membangun korporasi petani," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, KUB harus dioptimalkan dan difasilitasi serta dikawal oleh Pemerintah. Dengan KUB, pertanian akan menjadi idolanya para pemuda tani.

"Kami KUB Kabupaten Maluku Tengah akan menjadikan Desa Hatuhenu sebagai desa percontohan. Untuk percobaan penanaman awal kita targertkan 10 hektar. Kita diberikan jatah untuk lahan sekitar 400 hektar," tandasnya.(PN-20)

Berita terkait

iklan-banner-02
iklan-banner-02