iklan-banner-02
iklan-banner-02

Ambon Jadi Kota Pengekspor Ikan

PAMANAWANews, AMBON- Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu (KIPM) dan Keamanan Hasil Perikanan Ambon, akan mengawasi ekspor komoditas fresh tuna loin (thunnus albacores) tahun 2018.
KIPM bersama instansi terkait sepakat awasi kegiatan ekspor di Maluku.

Pengawasan ekspor dilakukan secara bersama yang melibatkan instansi terkait seperti Angkasa Pura I Ambon, Bea dan Cukai Ambon, LANUD Pattimura Ambon, Pelindo IV Ambon dan Disperindag serta DKP Provinsi Maluku. Langkah ini merupakan pertama kali dilakukan di Maluku.

Ekspor perdana komoditas fresh tuna loin ini telah dilakukan PT. Harta Samudra Ambon yang melakukan pengiriman sebanyak 11,20 Kg, melalui Bandara Internasional Pattimura Ambon ke Kingsford Smith Airport, Australia.

KIPM Ambon bersama instansi terkait, telah melakukan langkah-langkah komunikasi dan koordinasi guna mendorong kegiatan ekspor langsung dari Ambon.

Kedepan, ekspor langsung produk perikanan dari Bandara Pattimura akan terus meningkat. Sebab, semua persyaratan dokumen mulai dari Health Certificata (HC) dari Karantina Ikan, dan sejumlah dokumen lainnya di semua instansi terkait, akan dikeluarkan di Ambon. 

Beberapa Unit Pengolahan Ikan juga telah berkoordinasi untuk melaksanakan ekspor langsung dari Ambon, seperti PT. Maluku Prima Makmur (MPM), PT. Arabikatama Khatulistiwa Fisheries Industries (AKFI) dan lainnya.

Rencananya pada bulan Februari mendatang, Pelindo IV juga akan melakukan ekspor perdana melalui pelabuhan laut Yos Sudarso Ambon, dengan volume yang lebih besar. 

Tingginya permintaan komoditas hasil perikanan domestik maupun ekspor dari provinsi Maluku menunjukan peningkatan aktifitas penangkapan ikan.

Hal ini disampaikan Kepala Balai KIPM Ambon, Hamzah, Selasa (16/1/2018). Ia mengatakan, ekspor tersebut merupakan komitmen bersama untuk menjadikan provinsi seribu pulau ini sebagai salah satu pintu ekspor komoditas hasil perikanan di kawasan Timur Indonesia. 

“Kami berharap, komitmen ini bisa didukung oleh semua elemen masyarakat, sehingga Maluku kedepan bisa cepat maju seperti daerah lainnya di Indonesia,” pintanya. (PN-07)

Berita terkait

iklan-banner-02
iklan-banner-02