iklan-banner-01
iklan-banner-02

Anna Latuconsina, Anggota DPD RI Temui Walikota Darwin untuk Tingkatkan Kerjasama Kota Kembar Ambon dan Darwin

Anna Latuconsina, Anggota DPD RI Wakil Propinsi Maluku mengadakan kunjungan kehormatan ke Walikota Darwin, The Right worshipful Kon Vatskalis pada Jumat, 23 Maret 2018. Anna dan anggota DPD lainnya diterima di council chambers atau ruang pertemuan dewan kota selama hampir 1 jam.
Anna Latuconsina berdialog dengan Kon Vatskalis.

Anna menyampaikan tujuan utamanya dan delegasi ke Darwin yaitu untuk mendalami dan mempelajari pengelolaan pangan di Northern Territory untuk dijadikan bahan masukan terhadap RUU tentang Pangan di Indonesia. Anna juga mengakui kedekatan Darwin dan Ambon sebagai Kota Kembar yang telah terjalin hampir 3 dasawarsa. Oleh karena itu, mengunjungi Walikota Darwin merupakan hal yang penting sebagai tanda apresiasi atas komitmen Darwin untuk terus bekerjasama dengan Ambon. 

Dalam pertemuan yang didampingi oleh staf Konsulat RI Darwin, Anna menyampaikan salah satu faktor pendukung utama dalam peningkatan kerjasama antar kedua kota yaitu dukungan konektifitas. “Saya mengharapkan agar penerbangan langsung dari Darwin ke Ambon dapat dibuka lagi seperti yang pernah dilakukan di masa lalu. Menurut saya, konektifitas adalah salah satu unsur penting untuk memberikan akses bagi kedua masyarakat untuk saling berkunjung. Juga, kedua kota (Darwin dan Ambon) dapat di jadikan transit point bagi para wisatawan dari luar Darwin untuk mengunjungi kota-kota lainnya di Indonesia dan sebaliknya. Saya yakin, penerbangan langsung bukan akan menambah jumlah wisatawan asing khususnya dari Australia ke Ambon-Indonesia melainkan juga dapat meningkatkan berbagai kerjasama di berbagai bidang antara kedua wilayah,” ujarnya. 

Anna juga menyampaikan salam dari Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dan pesan terkait dengan peningkatan kerjasama yang telah berlangsung khususnya di bidang pendidikan, ekonomi parisiwata dan hubungan antar masyarakat kedua kota. “Kerjasama antara Darwin dan Ambon dinilai baik dan bermanfaat bagi kedua kota, tentunya dapat dilihat dari kegiatan pertukaran pelajar dan kunjungan masyarakat Darwin ke Ambon untuk mengikuti lomba perahu layar. Selain itu Walikota Ambon juga mengharapkan agar adanya kerjasama di bidang penanggulangan bencana alam,” ujarnya.

Foto bersama Walikota Darwin dengan Anggota DPD RI dan tamu lainnya.
Foto bersama Walikota Darwin dengan Anggota DPD RI dan tamu lainnya.

 

Anna memahami bahwa Darwin juga daerah rawan bencana alam seperti cyclone/badai angin namun mampu mengatasi persoalan ini dengan baik sehingga jika memungkinkan staf Badan Penanggulangan Bencana Daerah dari Kota Ambon juga dapat mengikuti pelatihan di Darwin.

Kon menanggapi kunjungan Anna dan delegasi dengan apresiasi yang tinggi dan menyampaikan bahwa Pemkot dan Masyarakat Darwin memiliki komitmen untuk bekerjasama dengan kota-kota kembarnya termasuk Ambon. “Saya senang sekali bisa dikunjungi oleh senator dari Indonesia khususnya yang mewakili Ambon, Maluku. Sebelum menjabat sebagai Walikota saya adalah Menteri Urusan Hubungan Asia Pemerintah Northern Territory sehingga saya telah mengunjungi Indonesia beberapa kali. Saya mengakui adanya kerjasama dibidang pendidikan melalui pertukaran pelajar dan saya juga berharap kerjasama ini akan terus ditingkatkan,” ucapnya. Kon juga meminta agar pemkot dan masyarakat Ambon terus mempromosikan Ambon sehingga lebih banyak wisatawan mancanegara khususnya dari Darwin, Australia dapat berkunjung. Kon yakini jika Ambon juga telah menjadi tujuan pariwisata unggul maka ada kemungkinan konektifitas langsung dari Darwin atau Bali ke Ambon menjadi lebih nyata. 

Kon juga menanggapi pertanyaan dari anggota DPD RI lainnya khususnya yang mewakili wilayah Bali, Lombok, Sulawesi Tenggara dan Lampung. Tanggapan Kon terkait dengan permintaan informasi kerjasama di bidang kesehatan, peternakan, konektifitas dan sistem penanggulangan bencana alam di daerah kepulauan. 

Akhir dari pertemuan, Anna juga meneruskan undangan lisan dari Walikota Ambon bagi Walikota Darwin untuk kunjungi Kota Ambon. Anna juga sampaikan bahwa tim dari Kota Ambon juga berencana untuk menunjungi Darwin pada Agustus 2018 untuk mengikuti pembukaan Lomba Layar dari Darwin ke Ambon.

(Jherry Matahelumual adalah anggota non-aktif Komite Kerjasama Kota Kembar Darwin dan Ambon)

Berita terkait

iklan-banner-02
iklan-banner-02